Tentang ISO dan Sertifikasi



Standards catalogue
ISO telah mengembangkan lebih dari 19 500 Standar Internasional (katalog Standar ISO).
Ada tiga cara untuk menemukan standar yang Anda cari:
  1. Anda dapat mengakses dengan ICS (International Classification Standar). ICS adalah cara mengelompokkan standar dalam bidang-bidang tertentu (Fields) seperti teknik elektro atau teknologi kertas.
  2. Anda dapat mengakses dengan TC (Technical Committees/ komite teknis). Standar ISO dikembangkan oleh para ahli dari TC yang fokus pada semua jenis keahlian yang berbeda, mulai dari benang sekrup hingga teknologi perkapalan. Dengan mengklik pada TC Anda dapat melihat semua standar yang diterbitkan oleh kelompok ahli.
  3. Anda dapat mencari katalog standar menggunakan kata kunci atau nomor  standar (semua standar ISO diberi nomor), contoh  untuk 'manajemen mutu' atau '9001 'untuk menemukan ISO 9001.
Referensi:


Certification...

to ISO management system standards

Organisasi dan perusahaan seringkali ingin mendapatkan sertifikasi standar sistem manajemen ISO (misalnya ISO 9001 atau ISO 14001) meskipun sertifikasi bukanlah suatu persyaratan. Alasan terbaik untuk ingin menerapkan standar ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.
Sebuah perusahaan dapat memutuskan untuk mencari sertifikasi karena berbagai alasan, antara lain sertifikasi dapat:
  • menjadi persyaratan kontrak atau peraturan
  • diperlukan untuk memenuhi preferensi pelanggan
  • persyaratan dalam konteks program manajemen risiko, dan
  • membantu memotivasi staf dengan menetapkan tujuan yang jelas untuk pengembangan sistem manajemen.

Referensi:

ISO does not perform certification

ISO mengembangkan standar internasional, termasuk standar sistem manajemen seperti ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 31000. Namun, tidak terlibat dalam sertifikasi untuk salah satu standar yang dibuat. Sertifikasi dilakukan oleh lembaga sertifikasi eksternal, yang sebagian besar adalah Swasta. Oleh karena itu perusahaan atau organisasi tidak dapat disertifikasi oleh ISO.

Ketika sebuah perusahaan atau organisasi disertifikasi dengan standar ISO
, maka mereka akan menerima sertifikat dari lembaga sertifikasi. Meskipun nama standar ISO muncul pada sertifikat ini, namun bukan ISO yang mengeluarkan standar tersebut.

Meskipun ISO tidak melakukan sertifikasi, Komite Penilaian Kesesuaian (
Committee on Conformity Assessment / CASCO) telah menghasilkan sejumlah standar yang berhubungan dengan proses sertifikasi. Kriteria sukarela (voluntary criteria) yang terkandung dalam publikasi ini merupakan konsensus internasional mengenai praktek yang baik (good practice) berkaitan dengan sertifikasi. Perusahaan dan organisasi biasanya melakukan kegiatan sertifikasi sesuai dengan standar internasional terkait. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan dengan mengakses daftar lengkap Standar CASCO.
Sertifikasi - ketetapan badan independen berupa jaminan tertulis (sertifikat) bahwa produk, layanan atau sistem yang bersangkutan memenuhi persyaratan tertentu.

Registrasi - sertifikasi sangat sering disebut sebagai pendaftaran
(registrasi) di Amerika Utara.

Akreditasi - pengakuan formal oleh badan independen, umumnya dikenal sebagai badan akreditasi
(accreditation body) bahwa lembaga sertifikasi (certification body) mampu melaksanakan sertifikasi. Akreditasi tidak wajib namun menambah tingkat kepercayaan. 'terakreditasi' berarti lembaga sertifikasi secara independen telah diperiksa untuk memastikan bahwa lembaga sertifikasi tersebut beroperasi sesuai dengan standar internasional.

Setiap tahun ISO melakukan survei
terhadap sertifikasi standar sistem manajemen.
Learn more about the survey and download the free survey results

Choosing a certification body

Ketika memilih lembaga sertifikasi, sebaiknya mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:
  • mengevaluasi beberapa badan sertifikasi
  • perlu diingat bahwa yang termurah bisa menjadi lebih mahal dalam jangka panjang jika audit adalah di bawah standar
  • bertanya apakah lembaga sertifikasi menerapkan ISO/ IEC 17021:2011, Penilaian kesesuaian-Persyaratan lembaga audit dan sertifikasi sistem manajemen (Conformity assessment –Requirements for bodies providing audit and certification management systems)
  • bertanya apakah lembaga sertifikasi  terakreditasi. Akreditasi bukanlah sebuah kewajiban dan jika sebuah organisasi tidak terakreditasi tidak selalu berarti lembaga sertifikasi tersebut tidak memiliki reputasi. Meskipun demikian, akreditasi tetap merupakan konfirmasi independen akan kompetensi lembaga sertifikasi tersebut. Lembaga sertifikasi terakreditasi dapat diidentifikasi dengan menghubungi badan akreditasi nasional di negara Anda.

    Kunjungi situs dari Forum Akreditasi Internasional
    (International Accreditation Forum). (Klik pada Anggota IAF dan Penandatangan dan mencari negara Anda, yang akan memberikan rincian kontak dari badan akreditasi nasional Anda,  Hubungi  badan akreditasi ini atau kunjungi situs web mereka untuk mendapatkan daftar lembaga sertifikasi terakreditasi di negara Anda).

Complaints about certification

ISO tertarik untuk mendengar dari Anda jika Anda merasa bahwa standar sistem manajemen, seperti ISO 9001 atau ISO 14001 disalahgunakan.


Baca lebih lanjut tentang membuat pengaduan ke ISO.making a complaint to ISO.

Can I use ISO's logo?

ISO tidak mengizinkan siapa pun untuk menggunakan logo ISO sehubungan dengan sertifikasi. Logo ISO adalah merek dagang terdaftar dan tidak dapat digunakan oleh siapa saja di luar ISO, kecuali telah mendapatkan kewenangan.
Karena ISO  tidak melakukan sertifikasi maka akan menyesatkan jika logo digunakan dengan cara ini.