Capability Analyze

Process Capability Analyze
Process Capability Analyze adalah suatu analisis untuk mengetahui apakah proses kerja yang sedang berjalan memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan. Proses disebut capable jika mampu menghasilkan hampir 100 % output sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.
Jadi Capability adalah kemampuan suatu proses untuk menghasilkan output sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Dengan mengetahui Capability index, maka hal ini akan membantu dalam mencapai target value (yaitu value yang paling diinginkan pelanggan)

Index untuk mengukur Process Capability Analyze 
1. Cp : Index yang menunjukkan kemampuan suatu sistem dalam memenuhi spesifikasi limit (limit atas-USL dan limit bawah-LSL).
- Perhitungan Cp menggunakan estimasi sigma dan dapat digunakan untuk menunjukkan potensi suatu sistem dalam memenuhi spesifikasi.
- Dalam Cp, tidak memperhitungkan rata-rata proses, hanya terfokus pada spread (persebaran data). Jika sistem tidak centered di dalam batas spesifikasi, maka nilai Cp kurang memberikan gambaran yang sebenarnya.

2. Cpk : Index yang menunjukkan seberapa baik suatu sistem dapat memenuhi spesifikasi limit.
-. Perhitungan Cpk menggunakan estimasi sigma dan dapat digunakan untuk menunjukkan potensi suatu sistem dalam memenuhi spesifikasi.
-. Dalam Cpk, rata-rata proses diperhitungkan sehingga proses tidak perlu centered terhadap target.

Pengumpulan Data
Data adalah sekumpulan fakta, angka atau segala sesuatu yang dapat dipercaya kebenarannya sehingga dapat digunakan sebagai referensi dalam mengambil keputusan.
Data dibagi atas:
1. Data variable/data continues. Data ini berasal dari hasil pengukuran dan nilainya berada dalam suatu interval atau jangkaun tertentu.
2. Data attribute/data diskrit/ data non continues adalah data hasil perhitungan dan berupa bilangan bulat.
 

---
www.sistemmanajemen.com